Loyalitas Diatas Kertas

Kata Loyalitas sering kita ucapkan atau kita dengar dilingkungan organisasi baik itu organisasi pemerintah ataupun swasta, banyak sekali definisi mengenai arti kata dari loyalitas ini, nah untuk itu saya mencoba untuk membuat suatu kesimpulan dari beragam definisi tersebut.
Secara umum, arti loyalitas adalah kualitas kesetiaan atau kepatuhan seseorang kepada orang lain atau sesuatu (misalnya organisasi) yang ditunjukkan melalui sikap dan tindakan orang tersebut.
Secara etimologis, istilah “loyalitas” (loyal) berasal dari bahasa Prancis yaitu “Loial” yang artinya mutu dari sikap setia. Loyalitas merupakan sesuatu yang berhubungan dengan emosional manusia. Sehingga loyalitas dapat diartikan sebagai  kesetiaan seseorang terhadap organisasi tempat ia bekerja dengan mencurahkan kemampuan dan waktu yang dimilikinya. Menurut Oxford Dictionary, pengertian loyalitas adalah the quality of being loyal dimana loyal didefinisikan sebagai giving or showing firm and constant support or allegiance to a person or institution. Jika diartikan secara bebas, pengertian loyalitas menurut Oxford Dictionary adalah mutu dari sikap setia (loyal), sedangkan loyal didefinisikan sebagai tindakan memberi atau menunjukkan dukungan dan kepatuhan yang teguh dan konstan kepada seseorang atau institusi. Sementara itu, Kamus Besar Bahasa Indonesia menerangkan pengertian loyalitas sebagai kepatuhan atau kesetiaan.

 
Perbedaan pengertian istilah loyalitas dari sudut pandang antara seorang pegawai dan tempat dimana seorang pegawai tersebut bekerja atau organisasinya. Loyalitas berasal dari kata dasar “loyal” yang berarti setia atau patuh, loyalitas berarti mengikuti dengan patuh dan setia terhadap seseorang atau sistem/peraturan. Istilah loyalitas ini sering didefinisikan bahwa seseorang akan disebut loyal atau memiliki loyalitas yang tinggi jika mau mengikuti apa yang diperintahkan. Perusahaan atau pengusaha mengartikan loyalitas adalah suatu kesetiaan karyawannya kepada perusahaannya. Dalam perkembangannya, arti kata loyalitas sering dimanfaatkan oleh perusahaan untuk memanfaatkan karyawan semaksimal mungkin tanpa memperhatikan kebutuhan karyawannya.
Loyalitas adalah salah satu hal yang tidak dapat dibeli dengan uang. Loyalitas hanya bisa didapatkan, namun tidak bisa dibeli. Mendapatkan loyalitas dari seseorang bukanlah sesuatu pekerjaan yang mudah untuk dilakukan. Berbanding terbalik dengan kesulitan mendapatkannya, menghilangkan loyalitas seseorang justru menjadi hal yang sangat mudah untuk dilakukan.
Loyalitas merupakan suatu hal yang bersifat emosional. Untuk bisa mendapatkan sikap loyal seseorang, terdapat banyak faktor yang akan memengaruhinya. Sikap loyal dapat diterapkan oleh setiap orang dalam berbagai hal.
Pengertian loyalitas identik dengan kesetiaan yang semestinya dilakukan dalam berbagai kondisi tanpa syarat dan tanpa mengharapkan adanya balasan. Loyalitas merupakan kondisi psikologis yang mengikat karyawan dan perusahaannya, karenanya pengertian loyalitas karyawan bukan hanya sekadar kesetiaan fisik yang tercermin dari seberapa lama seseorang berada di dalam organisasi, namun dapat diliat dari seberapa besar pikiran, perhatian, gagasan, serta dedikasinya tercurah sepenuhnya kepada perusahaan tersebut.
Saat ini pengertian loyalitas karyawan bukan lagi sekadar merujuk pada kemampuan karyawan menjalankan tugas-tugas serta kewajibannya yang sesuai dengan job description, melainkan berbuat seoptimal mungkin untuk menghasilkan yang terbaik bagi perusahaan tersebut.

Aspek-Aspek Loyalitas
1. Taat pada peraturan
2. Tanggung jawab pada perusahaan/organisasi.
3. Kemauan untuk bekerja sama.
4. Rasa memiliki
5. Hubungan antar pribadi
6. Kesukaan terhadap pekerjaan

Penyebab Turunnya Loyalitas
pengertian loyalitas adalah suatu hal yang sulit untuk diciptakan namun mudah untuk dihilangkan. Seorang karyawan yang baru masuk dalam sebuah perusahaan memerlukan waktu untuk dapat menjadi loyal sesuai dengan pengertian loyalitas. Akan tetapi, sikap loyal yang sesuai dengan pengertian loyalitas tersebut dapat tiba-tiba hilang apabila seorang karyawan merasa “dikecewakan” oleh perusahaan. Tiga faktor yang dapat menjadi penyebab turunnya loyalitas karyawan sesuai dengan pengertian loyalitas, yakni:
a. Faktor rasional
b. Faktor emosional
c. Faktor kepribadian

Indikasi-Indikasi Turunnya Loyalitas
a. Penurunan produktivitas kerja, penurunan ini dapat diukur dengan membandingkan produktivitas kerja saat ini dengan produktivitas pada waktu sebelumnya, antara lain karena adanya kemalasan atau sikap yang cenderung menunda-nunda pekerjaan;
b. Naiknya jumlah absen dibandingkan dengan jumlah absen di bulan-bulan sebelumnya, biasanya sesorang akan malas untuk datang ke tempat kerja;
c. Munculnya kegelisahan di kalangan para pegawai, Seorang pemimpin semestinya peka terhadap isu dan kegelisahan-kegelisahan yang muncul di kalangan para karyawan;
d. Ketidakpuasan terhadap organisasi, sifat manusiawi apabila pada tahap tertentu akan memunculkan keberanian karyawan untuk mengajukan tuntutan kepada organisasi tempatnya bekerja.
e. Jika pegawai merasa suaranya tidak lagi didengar ataupun diperhatikan oleh pimpinan, maka ketidakpuasan akan memuncak dan akhirnya menimbulkan munculnya gerakan mogok kerja.

Cara Mengatasi Penurunan Loyalitas
Akhir dari penurunan loyalitas bukan berarti akhir dari segalanya hubungan antara pegawai dan perusahaan tempatnya bekerja. Sebuah perusahaan dapat mengatasi penurunan loyalitas kerja dengan mewujudkan harapan-harapan serta memenuhi kebutuhan-kebutuhan para pegawai yang sempat terabaikan sebelumnya. Beberapa cara mengatasi penurunan loyalitas kerja sesuai dengan pengertian loyalitas antara lain:
1. Memberikan kebutuhan rohani;
2. Sesekali perlu menciptakan suasana santai;
3. Menempatkan pegawai pada posisi yang tepat;
4. Memberikan kesempatan pada pegawai untuk berkarir;
5. Memperhatikan rasa aman untuk menghadapi masa depan;
6. Mengusahakan pegawai untuk mempunyai loyalitas dengan sesekali mengajak pegawai berunding;
7. Memberikan fasilitas yang menyenangkan.

Nah....setelah membaca harfiah dari “Loyalitas”, menurut Anda bagaimana, apakah loyalitas ada pada diri Anda atau hanya sebatas diatas kertas?

Referensi :
https://www.kompasiana.com/alibudiman/54f6f5c8a33311660c8b4572/arti-loyalitas-menurut-karyawan-dan-perusahaan (15/10/2019 08.00)
http://ciputrauceo.net/blog/2015/11/19/pengertian-loyalitas-dan-serba-serbi-pengertian-loyalitas-karyawan (15/10/2019 08.00)
https://www.maxmanroe.com/vid/bisnis/arti-loyalitas.html (15/10/2019 08.00)

Komentar

Populer

PENGADAAN LANGSUNG DENGAN NILAI PENGADAAN DIBAWAH 50 JUTA

Mengenal Lembaga Negara di Indonesia

DED, SHOP DRAWING, AS BUILT DRAWING